CLOUDATBLIS

Semakin banyaknya teknologi yang keluar pada zaman modern saat ini, seperti bagian-bagian dari komputer. CPU merupakan sebuah perangkat keras yang terdapat pada sebuah komputer yang memiliki beberapa fungsi tersendiri. Pada kesempatan ini akan saya bahas dan bagikan pembahasan tentang bagian dari CPU yang di jelaskan secara lengkap.

Pengertian Dan Sejarah CPU

CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat keras (hardware) sebuah komputer, yang berfungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak tersebut. Prosesor, kata itu paling sering di gunakan untuk menyebut CPU pada umumnya.CPU juga bisa di ibaratkan seperti otak besar dari sebuah komputer tersebut. Cepat atau lambatnya cara kerja dari sebuah komputer, pasti telah di tentukan oleh kualitas dan teknologi dari CPU tersebut.

Mikroprosesor adalah CPU yang di produksi dalam sirkuit terpadu, sering kali dalam sebuah paket sirkuit terpadu tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum di gunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.

Central Processing Unit (CPU) atau dalam bahasa Indonesia Unit Pemroses Sentral (UPS) adalah bagian utama komputer yang berupa perangkat keras dan merupakan “otaknya “ komputer . CPU sendiri bekerja layaknya sebuah kalkulator yang biasa kita gunakan sehari–hari untuk menghitung, namun CPU jauh lebih canggih. CPU melaksanakan instruksi dari sebuah program komputer dengan melakukan operasi aritmatika, logis, dan input atau output secara dasar dari sistem. Istilah telah di gunakan dalam industri komputer setidaknya sejak awal 1960-an. Bentuk, desain, dan implementasi dari CPU telah berubah selama sejarah mereka, tapi operasi fundamental mereka tetap sama.

Pada mesin besar, CPU memerlukan satu atau lebih papan sirkuit. Pada komputer pribadi dan workstation kecil, CPU di tempatkan dalam sebuah chip silikon tunggal yang disebut mikroprosesor. Sejak tahun 1970-an kelas mikroprosesor CPU telah hampir sepenuhnya di ambil alih oleh semua implementasi CPU lainnya. Sirkuit CPU modern terpadu skala besar biasanya berukuran kurang dari empat sentimeter persegi, dengan ratusan pin atau logam yang saling berhubungan.

Dua komponen khas dari CPU adalah logika aritmatika unit (ALU), yang melakukan operasi aritmatika dan logika, dan unit kontrol (CU), yang menjabarkan instruksi dari memori dan decode dan mengeksekusi mereka, menyerukan ALU bila diperlukan.

Selain pengertian dan sejarah yang telah di jelaskan di atas, mari kita mengenal lebih dalam lagi fungsi dari CPU tersebut, antara lain sebagai berikut:

  • CPU juga memiliki fungsi seperti kalkulator, hanya saja CPU jauh lebih kuat daya pemrosesannya. Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmetika dan logika terhadap data yang telah di ambil dari memori atau dari informasi yang di masukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.
  • CPU di kontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak sebuah komputer. Perangkat lunak tersebut dapat di jalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi-instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (MAA), yang mana setiap instruksi akan di beri alamat unik yang disebut alamat memori. Selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada MAA dengan menentukan alamat data yang telah di kehendaki.

Komponen CPU

Berikut adalah beberapa komponen utama yang terdapat pada CPU: