Menu

Sering Lupa Lock Screen Pada Ponsel? Begini Cara Ampuh Tuntaskannya

Lupa memang sudah menjadi kordat bagi setiap manusia yang tidak bisa dihindarkan, apalagi kalau lupa soal lock screen pada ponsel. Tentu saja itu menjadi hal yang sangat menyebalkan terutama bagi mereka yang menggunakan ponsel. Semakin banyaknya pengguna ponsel, semakin banyak pula tingkat keamanan yang harus diterapkan untuk menjaga keamanan data dan privasi. Salah satunya keamanan lock screen pada ponsel android. Banyaknya data pribadi dalam ponsel yang mengharuskan seseorang untuk memasang fitur pengaman sebagai langkah antisipasi.

Android adalah salah satu sistem operasi yang paling populer untuk ponsel android. Ponsel android hadir dengan banyak fitur dan sekuritas. Anda dapat mengunci perangkat dari pola dan pin. Nah, itulah yang sering digunakan para pengguna ponsel untuk mencegah orang lain membuka ponsel tanpa izin sang pemilik. Semakin rumit password yang dibuat mamka semakin sulit pula ponsel kita “dibobol” oleh orang lain. Akan tetapi cara seperti itu malah akan membuat kita pemilik ponsel sering kesusahan untuk membuka ponsel karena lupa terhadap pola keamanan yang dibuat.

Cara Atasi Lupa Lock Screen

Pada dasarnya penggunaan lock screen pada setiap perangkat gadget bertujuan untuk mengamankan file atau informasi yang ada di dalam ponsel mulai dari Foto, Video, File, Dokumen, Catatan Memo, Gambar sampai dengan Rekaman Audio. Penyebab banyak gadgeters yang lupa kode untuk membuka kunci layar ini biasanya disebabkan sulitnya kode yang dibuat dan kita tidak menuliskannya pada sebuah lembar kertas.

Nah, jika hal seperti itu terjadi pada ponsel Anda, jangan terburu-buru membawanya ke tukang servis ponsel karena di bawah ini ada beberapa hal yang bisa membantu Anda ketika Anda lupa kata sandi pada ponsel android.

  • Gunakan Aplikasi Keamanan

Sekarang ini telah banyak sekali aplikaksi keamanan yang bisa digunakan pada ponsel. Salah satu yang dapat digunakan untuk menembus lock screen adalah Find My Device. Jika sudah mendownload atau memasangnya, Anda hanya tinggal mengunjungi situs Find My Device. Setelah itu pilihlah “Enable Lock dan Erase” lalu kemudian tunggu beberapa saat dan pilih “Lock”.

  • Safe Mode

Jika lock screen yang terkunci merupakan aplikasi pihak ketiga dan bukannya lock screen bawaan android, booting dari safe mode merupakan cara termudah yang bisa dilakukan. Untuk masuk ke safe mode, beberapa ponsel android terkadang menggunakan cara berbeda. Namun pada umumnya cukup dengan menekan tombol Power agak lama, nanti akan ada peringatan untuk masuk ke safe mode, tekan Yes/OK untuk menyetujuinya.

Jika tidak bisa, Anda bisa mencari cara masuk ke safe mode melalui internet berdasarkan ponsel yang digunakan. Jika berhasil masuk ke safe mode, lock screen tersebut akan dinonaktifkan secara sementara. Dari sini Anda tinggal menghapus aplikasi lock screen pihak ketiga dan lakukan reboot ponsel secara normal.

  • Pasang Fitur Forget Pattern

Jika dalam beberapa percobaan Anda gagal memasukkan kode yang benar maka ponsel akan memberikan opsi berupa “Forget Pattern”. Dengan memilih opsi tersebut maka Anda akan dimintai akun Google yang terhubung pada ponsel. Ketika sudah mengisinya maka Anda langsung bisa me-reset ulang kode yang telah dibuat dan kembali masuk ke lock screen dengan kode baru yang dibuat.

  • Gunakan Lockscreen UI

Cara ini bisa dilakukan bagi pengguna ponsel Androis 5.0 sampai 5.1 Lollipop. Namun metode ini hanya berhasil jika lock screen menggunakan metode password dan bukannya pattern atau PIN. Pertama-tama tekan pilihan “Emergency Call” pada lock screen, masukkan sepuluh angka hingga penuh dan lakukan copy pada angka tersebut dan paste ke kolom yang sama. Lakukan terus hingga kolom tersebut penuh dan tidak cukup menampung jumlah karakter yang banyak.

Kembali ke lock screen dan buka kamera dengan menekan shortcut. Dari sini geser ke bawah notifikasi dan tekan ikon settings kemudian akan ditanya untuk mengisi password. Tekan dan tahan yang lama pada kolom input dan pilih paste, lakukan hal ini beberapa kali hingga kolom tersebut penuh dan akhirnya akan mengalami crash. Pada saat crash inilah Anda akan bisa mengakses tampilan interface yang tadinya terkunci password.

  • Gunakan Factory Reset

Jika Anda tidak terlalu mempedulikan data yang tersimpan di ponsel yang terkunci, salah satu cara paling mudah adalah dengan melakukan factory reset. Prosesnya berbeda-beda pada tiap perangkat namun sebagian besar ponsel Andorid menggunakan cara yang sama.

Dalam kondisi mati, nyalakan kembali ponsel dengan menekan agak lama tombol Volume Down dan Power secara bersamaan. Jika berhasil akan tampil menu bootloader. Drai sini tekan tombol Volume Down dua kali untuk masuk ke pilihan Recovery mode. Tekan tombol Power untuk memilih mode ini. Selanjutnya tahan tombol Power dan tekan tombol Volume Up sekali, jika berhasil Anda akan masuk ke mode recovery. Guna tombol Volume untuk diarahkan ke “Wipe data/factory reset”, tekan tombol Power untuk memilihnya. Setelah proses selesai, pilih “Reboot system now” dan sistem akan kembali ke kondisi semula.

  • Buat Lock Screen Jadi Crash

Cara ini sebenarnya bisa membuka lock screen ponsel Anda terbuka. Dengan metode ini Anda dapat memanfaatkan bug pada ponsel yang memiliki pengoperasian Android 5.0 hingga 5,1.1 Lollipop. Jangan lupa kalau cara ini cuma bisa dipakai di ponsel yang menjalankan Android versi tersebut.

Caranya? Tekan opsi “Emergency Call” di lock screen ponsel Anda, kemudian gunakan antarmuka dialer untuk memasukkan tanda bintang hingga 10 kali, selanjutnya Anda dapat mengetuk dua kali untuk menyorot teks yang Anda masukkan dan pilih copy.

Enggak hanya sampai di situ, Anda harus mengulangi lagi lalu paste di tempat yang sama sehingga tanda bintang menjadi dua kali lipat. Ulangi terus hingga batas karakter habis. Setelah itu, Anda dapat kembali ke layar kunci dan membuka shortcut kamera. Nah, kalau sudah sampai sini, tarik notifikasi dan tekan ikon Setting dan Anda akan diminta memasukkan password. Pada kolom input Anda harus menekan yang lama dan pilih paste. Lalu ulangi proses ini beberapa kali sehingga layar kunci akan mengalami crash dan memungkinkan pengguna mengakses seluruh antarmuka ponsel kembali.

  • Gunakan ADB

Cara membuka ponsel yang lupa kata sandi atau pola berikutnya, hanya akan bekerja jika sebelumnya Anda telah mengaktifkan USB Debugging dan Anda memiliki komputer yang sudah pernah Anda hubungkan dengan ponsel melalui ADB. Jika Anda sudah pernah melakukan root atau install kustom ROM pasti sudah nggak asing dengan proses ini. Mulailah dengan menghubungkan ponsel Anda ke komputer dengan kabel data, kemudian buka jendela command prompt di direktori instalasi ADB Anda. Dari sini, ketik perintah berikut kemudian tekan Enter.

Selanjutnya reboot ponsel Anda dan seharusnya sandi di lock screen Anda sudah tidak ada. Tapi ini hanya sementara, jadi pastikan Anda menetapkan sandi baru sebelum melakukan proses reboot berikutnya.

  • Reset Password Dengan Bantuan Link Lupa Password

Jika Anda memasukkan password yang salah atau pola yang terlalu banyak, Anda akan mendapatkan Link “Lupa Password” atau “Lupa Pola” pada lock screen, ini tergantung pada pengaturan keamanan Anda. Anda kemudian dapat memulihkan akses ke ponsel android atau tablet melalui Link Sandi atau Pola Lupa . Berikut adalah cara untuk melakukannya:

  1. Mencoba untuk membuka kunci perangkat dengan memberikan password yang salah beberapa kali sampai Anda mendapatkan link lupa password atau Pola.
  2. Sentuh link Password Lupa atau Lupa Pola untuk melanjutkan ke halaman Aktifkan Akun.
  3. Masukkan kredensial Akun Google Anda untuk memulihkan akses ke perangkat Anda.

Tapi kadang-kadang, perangkat android Anda tidak dapat menerima kredensial Akun Google Anda untuk membuka kunci perangkat Anda, meskipun Anda telah disediakan password account yang benar. Jika itu terjadi, Anda dapat menggunakan Google Verifikasi 2-Langkah untuk memulihkan akses pada perangkat android Anda.

Pentingnya Lock Screen Pada Ponsel

Menjaga keamanan ponsel merupakan hal yang wajib dilakukan bagi setiap pengguna ponsel. Untuk mengamakan ponsel dan data di dalamnya ternyata sangat mudah. Tapi masih banyak pengguna ponsel yang tidak menggunakan cara ini. Padahal resiko kehilangan data, privasi dan diretas sangat tinggi. Cara terbaik amankan ponsel Anda ternyata cuma fitur lock screen.

Sebelum menggunakan aplikasi antivirus ke ponsel Anda, hal terpenting untuk mengamankan ponsel adalah lock screen. Atur password untuk membuka ponsel ketika layar dalam keadaan mati. Jawabannya memang gampang, akan tetapi ada banyak pengguna yang tidak melindungi layar ponsel dengan PIN, pattern, fingerprint atau metode pengaman lainnya. Ini demi menyingkat waktu ketika ingin mengecek ponsel mereka.

Memang tanpa mengaktifkan fitur lock screen, Anda lebih cepat membuka layar ponsel dalam beberapa detik. Namun ada beragam resiko yang bisa Anda terima tanpa mengaktifkan lock acreen ini. Resiko pertama adalah visual hacking. Itu adalah kondisi saat Anda diintip oleh orang lain saat membuka ponsel di tempat umum. Misalnya saja Anda membuka ponsel di dalam bus kota. Ada banyak orang yang bisa melihat ponsel Adna dari balik bahu tanpa Anda sadari.

Ketika ponsel Anda ketinggalan, seseorang yang mengintip bisa saja mengakses pesan, data pribadi, M-Banking dan lainnya. Nah, dengan mengaktifkan lock screen berarti Anda menghindari resiko tersebut.

Resiko lain yang Anda hadapi adalah pencurian ponsel. Bila Anda tidak mengunci ponsel Anda dengan lock screen, sangat mudah pencuri tersebut mengakses data di dalamnya. Data yang ada di email, sosial media, foto-foto pribadi, bisa dimanfaatkan orang lain. Bisa jadi data pribadi Anda digunakan untuk hal-hal tidak baik seperti menyebarkan berita hoax dan lain-lain.

Bila Anda khawatir karena selama ini mengabaikan fitur lock screen, saatnya untuk bertindak. Nyaris semua ponsel kini memiliki fitur lock screen di dalamnya. Untuk mengakses lock screen, Anda tinggal masuk ke setingan Android. Kemudian temukan menu “Secrity”. Lalu di dalamnya Anda menemukan Screen Lock. Anda bisa membuat pattern, PIN atau password untuk mengamankan ponsel Anda.

Mudah bangetkan cara membuka ponsel android yang lupa lock screen tanpa harus menghapus data ini? Jadi jika sewaktu-waktu ponsel android Anda lupa password atau kunci, silakan pake cara ini ya. Jangan langsung main format aja.

Recent Tweets